David SuzukiDavid SuzukiDavid Suzuki adalah ilmuwan, penyiar, aktivis, salah satu pendiri David Suzuki Foundation dan penulis lebih dari 30 buku tentang ekologi (ditulis dengan file dari manajer proyek boreal Rachel Plotkin).


Kanada dianggap sebagai negara dengan alam yang spektakuler, dengan hutan yang indah. Itu hutan boreal saja mencakup 55 persen daratan Kanada. Di Ontario, 66 persen lahannya terdiri dari hutan. Pemerintah ingin Anda berpikir bahwa praktik pengelolaan hutan kita tidak tercela. Sebenarnya tidak.

Penelitian baru menegaskan bahwa pembalakan industri tidak berkelanjutan secara ekologis. Sebaliknya, hal ini dengan cepat merusak habitat hutan dan mengancam spesies.

A dipelajari oleh Brendan Mackey dan rekannyadari Universitas Griffith di Australia, mengamati kehutanan di Ontario dan Quebec dan menemukan, “Pemerintah Kanada mengklaim bahwa hutannya telah dikelola sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan hutan lestari selama bertahun-tahun, namun gagasan tentang keberlanjutan ini terutama terkait dengan memaksimalkan produksi kayu dan memastikan regenerasi spesies pohon yang diinginkan secara komersial setelah penebangan.”

Di Ontario (di mana terdapat 20 persen hutan Kanada), umur rotasi hutan — usia yang dicapai sebelum ditebang — biasanya 80 hingga 100 tahun, sedangkan periode antara kebakaran hutan adalah 114 hingga 262 tahun.

Di mana kita bisa mengetahui dampak kumulatif penebangan hutan? Ternyata bukan dari pemerintah federal. Laporan ini menggunakan statistik yang dikurasi dengan cermat untuk melestarikan citra Kanada sebagai pemimpin kehutanan berkelanjutan.

Sebuah koalisi organisasi konservasi nasional dan regional, termasuk David Suzuki Foundation, menulis sebuah laporan berjudul “Keadaan Hutan di Kanada: Melihat Melalui Perputaran.” Hal ini menunjukkan kurangnya informasi dalam laporan Natural Resources Canada mengenai dampak negatif infrastruktur penebangan terhadap regenerasi hutan, penurunan populasi spesies penting yang bergantung pada hutan, dan emisi gas rumah kaca dari penebangan. Hal ini juga menyoroti kegagalan dalam menilai keselarasan antara praktik penebangan dan hak-hak masyarakat adat.

Hutan sangat penting bagi semua kehidupan. Mereka membantu mengatur iklim planet, menyediakan habitat, memberikan makanan kepada manusia, dan memasok oksigen. Perkembangan industri menempatkan semua hal tersebut dalam risiko, dan hal ini juga menempatkan kita pada risiko.

Sudah waktunya untuk bertindak dan berbuat lebih baik dalam melindungi hutan. Melakukan perbincangan jujur ​​mengenai keadaan hutan adalah awal yang baik.